SHARE

PEMBEBASAN—Aksi mahasiswa yang tergabung dari beberapa lembaga kampus menuntut penurunan harga biaya semester berlangsung di kampus Universitas Sintuwu Maroso Poso (19/10). Beberapa fakultas dan himpunan-himpunan yang membawa aspirasi mahasiswa ini terdiri dari  Teknik Sipil, Pertanian, FKIP, FISP dan Fakultas Ekonomi. Himpunan-himpunan juga turut andil dalam aksi, diantaranya HMTS, HIMAGROTEK, PETERNAKAN, HIMBIO, HIMABIS, dan HMJM.

Aksi mimbar bebas ini dilakukan di tengah lapangan UNSIMAR Poso, dengan seluruh mahasiswa yang tergabung dalam massa aksi menyanyikan yel-yel dan orasi bergantian. Adapun yang menjadi tuntutan utama dari mahasiswa UNSIMAR Poso yaitu “Reformasi Pendidikan” di Universitas Sintuwu Maroso.

“Kami menolak kenaikan biaya semester dan harus diberlakukannya transparansi seluruh anggaran yang ada di kampus UNSIMAR,” ujar Anto selaku korlap.

Hari ini UNSIMAR telah menaikkan biaya semester sebesar Rp.2.050.000 yang ditahun sebelumnya mahasiswa hanya membayar uang semester sebesar Rp.1.600.000. kenaikan ini selalu terjadi di tiap tahunnya mengikut tahun ajaran baru atau ketika penerimaan mahasiswa baru.

Mahasiswa UNSIMAR juga menuntut agar kampus menurunkan biaya semester, transparansi biaya pembangunan, menyediakan fasilitas kampus yang memadai, kejelasan KOPMA (Koperasi Mahasiswa), hilangkan tanggungan biaya praktek,  kejelasan dana beasiswa, transparansi dana KKN 30%.

Aksi ini diwarnai dengan pemblokiran kampus sampai tuntutan penurunan biaya semester di terima oleh pihak kampus. Selain itu pembacaan puisi dari beberapa mahasiswa dan yel-yel yang membakar semangat mahasiswa mewarnai jalannya aksi ini. Sempat terjadi ketegangan antara mahasiswa dan aparat kepolisian yang ingin masuk kedalam lingkungan kampus. Namun, aksi masih terkontrol dengan baik sampai akhir. (Iss/Nad)

Leave a Reply