SHARE

Pembebasan.org, Bandung – Forum Mahasiswa Bandung Raya (FOMBAR) menggelar aksi perdana di kampus UIN Sunan Gunung Dajti Bandung, Selasa, 24 April 2018. Mereka menyuarakan sikapnya terkait komersialisasi dan liberalisasi pendidikan yang terjadi di Indonesia umumnya dan di UIN Bandung khususnya.

Aksi digelar tepat di depan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Bandung.

Selain menyuarakan perlawanan terhadap komersialisasi dan liberalisasi pendidikan, FOMBAR juga menuntut dibukanya ruang demokrasi seluas-luasnya di kampus mana pun di Indonesia.

“Tanpa kebebasan, tanpa demokrasi sulit mewujudkan pendidikan murah atau gratis di Indonesia. Oleh karena itu, lawan watak militeristik birokrat kampus dan tolak intervensi aparat di kampus,” seru Bagus, salah seorang massa aksi, dalam orasinya.

“Aksi ini akan digelar di beberapa kampus. Di antaranya UIN SGD Bandung, UPI, UNISBA, UNPAD, dan UNIBA”, tutur Abdul, salah seorang inisiator FOMBAR.

FOMBAR diinisiasi oleh LPPMD, LSRAD, UKSK, LPIK, RUMAH DISKUSI, PEMBEBASAN, FMN, WSC, SARA dan JARAK. Organisasi-organisasi itu berasal dari lima kampus yang disebut Abdul.

“Selanjutnya aksi akan digelar di UPI tanggal 26 April dan UNISBA tanggal 27 April, insyaallah,” pungkas Abdul.

(Tang/Nang)

Leave a Reply