SHARE

Venezuela Mission Sucre atau Misi Pendidikan Venezuela telah mencapai sepuluh tahun, menyediakan kursi gratis bagi pendidikan tinggi untuk lebih dari 695.000 mahasiswa, 379.000 di antaranya telah lulus.

Pemerintah pusat meluncurkan Mission Sucre pada bulan November 2003 dalam rangka memberikan pendidikan tinggi bagi mereka yang sebelumnya tidak memiliki akses ke universitas . Banyak mahasiswa saat ini adalah orang-orang yang memiliki penghasilan rendah dan ibu-ibu paruh baya yang tidak dapat melanjutkan sekolah karena mereka membesarkan anak-anak.

Misi tersebut terinsiprasi dari tokoh bernama Antonio Jose de Sucre, seorang pejuang kemerdekaan Venezuela yang memberikan pendidikan gratis. Siswa dapat memilih perkuliahan antara siang dan malam. Sementara banyak kampus yang awalnya didirikan di gedung-gedung tua milik PDVSA (PERTAMINA-nya Venezuela), sekarang, misi ini memiliki 1.390 kampus di sekitar Venezuela—baik di daerah pedesaan dan perkotaan.

Misi ini juga dikenal sebagai Bolivarian University of Venezuela atau Universidad Bolivariana de Venezuela – UBV yang memberikan orientasi untuk beberapa profesi (bidang) di Venezuela yang di antaranya membutuhkan bidang seperti mengajar, hukum, komunikasi, keperawatan, komputer, seni, makanan dan teknologi pertanian, pengelolaan lingkungan, hidrokarbon (gas, minyak bumi, petrokimia), teknik sipil, pertambangan dan geologi, pariwisata, kedokteran komunitas integral, manajemen sosial bagi pengembangan daerah, listrik, elektronik, transportasi air, informasi dan dokumentasi, dan desain yang tidak terpisahkan dari masyarakat. Melalui UBV, ada juga kesempatan untuk beberapa studi pasca sarjana, seperti, magster dalam bdang hak asasi manusia, dan doktor dalam ilmu strategis.

154.371 orang telah bergabung dan belajar. Misi ini juga telah memberikan beasiswa dengan pembayaran bulanan yang sangat murah. Sampai saat ini, ada 5,583 masyarakat adat Venezuela ikut dalam misi ini.

Menurut Menteri Pendidikan Tinggi, Ricardo Menendez, terdapat 2,6 juta orang yang belajar dalam pendidikan tinggi, sebuah angka yang jauh lebih banyak ketimbang tahun 1999 sebanyak 617.000.

Ia juga mengumumkan bahwa pemerintah sedang mempertimbangkan restrukturisasi kampus Mission Sucre sehingga mereka menjadi “universitas komunal dan, mahasiswa, bisa mengusulkan proyek-proyek yang mendukung komunitas mereka” .

(diterjemahkan dari http://venezuelanalysis.com/tag/social-missions)

Barra

Leave a Reply