SHARE
Solidaritas untuk Zaky Yamani sebelum sidang dimulai

PEMBEBASAN.ORG (11/9/2017); Proses PHK terhadap jurnalis berprestasi, Zaky Yamani, yang bekerja di perusahaan PT. Pikiran Rakyat berbuah solidaritas dari segenap kaum pergerakan di Bandung. Seperti diketahui bahwa Zaky Yamani menggugat secara perdata PT. Pikiran Rakyat. Siang ini (11/9) adalah sidang untuk kedua kalinya berlangsung di Pengadilan Hubungan Industrial, Jawa Barat.

Sebelum persidangan dimulai, massa aksi yang bersolidaritas untuk Zaky menggelar demonstrasi di depan gedung pengadilan. Massa aksi yang mengenakan ikat kepala bertuliskan perlawanan melakukan orasi.

Zaky Melawan

Situasi umum, keberanian jurnalis untuk melawan ketidakadilan yang dilakukan oleh perusahaan medianya masih sangat jarang, terutama di Kota Bandung. Namun kali ini Zaky telah mengawali era protes jurnalis terhadap korporasi media. “Jurnalis juga adalah buruh, sama dengan kita”, ungkap orator dari perwakilan serikat buruh.

Gugatan Zaky kepada PT. Pikiran Rakyat bisa dikatakan sebuah kemajuan, dan harus dijadikan contoh agar jurnalis-jurnalis bisa lebih bermartabat di hadapan perusahaan media.

Untuk melawan, jurnalis harus berserikat. Dengan berserikat, perjuangan buruh media akan lebih kuat. Seperti yang dikatakan Adi Marsela dalam orasinya, “Jurnalis yang berprestasi dan berserikat saja masih di-PHK, apalagi jika tidak berserikat”.

Pembacaan Gugatan

Zaky Yamani melalui Tim Advokasi Jurnalis Independen (TAJI) dalam persidangan kedua membacakan gugatannya. Secara bergantian, pengacara dari TAJI membaca gugatan di hadapan majelis hakim. Yang pada pointnya adalah: penggugat memohon kepada majelis hakim agar mengabulkan gugatan penggugat, memutuskan bahwa PHK yang dilakukan PT. Pikiran Rakyat tidak sah demi hukum, menyatakan Putus Hubungan Kerja penggugat dengan tergugat dan, pihak tergugat memberikan pesangon sebesar 285 juta sesuai Undang-Undang dan keputusan Menteri Tenaga Kerja.

Solidaritas perlawanan terhadap PT. Pikiran Rakyat adalah bentuk solidaritas konkret, setidaknya sudah dimulai latihan persatuan untuk membela hak pekerja media. Beberapa kelompok pergerakan dan individu terus memberi dukungan seperti AJI Bandung, LPM Suaka, LPM Jumpa, LBH Bandung, PBH DPC Peradi Bandung, LBH Pers, PBHI Bandung, Sorak, Pembebasan, Komune Rakapare, AMP, dan lain-lain. Mereka juga menggalang dukungan online dengan hashtag #HariIniZakyBesokKamu. (Bp)

Leave a Reply